Kamis, 13 Oktober 2011

SEJARAH TV


Siaran televisi pertama di dunia....!!!!!!

Jangan salah sangka, ternyata siaran TV bukan dimulai di Amerika serikat yang notabene kiblat hiburan abad ke-20. Justru daratan eropa lah yang memulai siaran TV lebih awal.
Mulai di operasikan oleh seorang ilmuwan yang bernama Denes von mihaly (jerman) di tahun 1928. Televisi awalnya deri nama “Telehor” (tele = berjarak, jauh ; horen = mendengarkan).
Di Perancis siaran TV dimulai November 1935. Di Jerman, siaran TV dimulai untuk menyambut. Pesta olimpiade di tahun 1936. Di Inggris Raya. Televisi BBC bersiaran 1936. Namun secara official, TV di perkenalkan secara luas ke masyarakat saat penobatan Raja George VI tahun 1937.
Di Amerika serikat, untuk pertama kalinya perangkat TV secara resmi di perkenalkan pada tahun 1939 di World’s Fair New York, Amerika serikat. Sementara di Indonesia siaran TV dimulai resmi tahun 1962 saat TVRI melakukan siaran langsung upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-17.
Siaran langsung ini masih terhitung sebagai siaran percobaan. Siaran resmi TVRI baru di mulai 24 Agustus 1962 jam 14.30 WIB. Siaran langsung upacara pembukaan Asian Games ke-4 dari stadion utama Glora Bung Karno. Saat itu hanya ada sekitar 1.000 pesawat TV hitam putih.
Televisi berwarna kemudian mulai diperkenalkan tahun 1956 di Belanda. Lalu menyebar keseluruh dunia. Pada saat yang bersamaan pula, rekaman gambar di atas pita magnetis (kaset video) di perkenalkan ke publik. Walaupun masih berformat hitam putih. Tahun 1968, Sony Corporation di Jepang memperkenalkan kaset video berwarna dengan standar Betamax yang lebih memudahkan operasional shoting-recording.
Hingga kini, setiap harinya teknologi televisi terus bergerak, berkembang dan berevolusi. Kini berbagai ukuran dan desain pesawat TV juga mengalami banyak perkembangan. Mulai dari ukuran yang kian mengecil hingga besar, dari yang lebar sampai yang kian tipis kini menjadi hal biasa..

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Ayiia Hudha